A. Pengertian Otomatisasi Perkantoran
Otomatisasi perkantoran adalah semua sistem informasi formal dan informal
terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang
berbeda di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain otomatisasi
perkantoran merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi
melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan.
Sistem
elektronik formal dimaksudkan sebagai kegiatan perkantoran yang dokumentasikan dengan
suatu prosedur tertulis, seperti pengelolaan informasi yang didistribusikan ke manajer berupa
laporan-laporan periodik maupun laporan khusus.
Sistem
Elektronik informal berarti sistem perkantoran yang tidak direncanakan atau diuraikan
secara tertulis, seperti melakukan
konsultasi atau diskusi dengan pengambil keputusan lainnya.
B. Gambaran Model
Otomatisasi Perkantoran
Keterangan :
a. Karena OA tidak memiliki, mengelola data, penggunaan database dibatasi pada
isi informasi. Informasi dikumpulkan dari sistem fisik perusahaan dan disediakan
oleh lingkungan.
b. Informasi berfungsi sebagai input bagi aplikasi OA berbasis komputer
seperti pengolah kata, e-mail, dan konferensi komputer.
c. Pemecah masalah lain berada ditengah-tengah garis yg memisahkan perusahaan
dengan lingkungan.
d. Model tersebut juga mencerminkan penggunaan aplikasi OA berbasis
non-komputer seerti konferensi video dan audio
C. Kategori Pemakai Otomatisasi Perkantoran
1. Manajer adalah orang yang
bertanggung jawab mengelola sumber daya perusahaan terutama sumber daya
manusia.
2. Profesional yakni tidak mengelola
orang tetapi menyumbang keahlian khususnya seperti pembeli, wiraniaga, dan asisten
staff khusus.
3. Sekretaris. Biasanya ditugaskan pada pekerja
terdidik tertentu untuk melaksanakan berbagai tugas menangani korespondensi,
menjawab telepon, dan mengatur jadwal pertemuan.
4. Clerical Employee (pegawai
administratif) melaksanakan tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan
mesin fotocopy, menyusun dokumen dan mengirimkan surat.
D. Konsep-konsep Otomatisasi Perkantoran
1. Proses yang terjadi di perkantoran seperti halnya proses manufaktur selalu
mengarah ke otomatisasi.
2. Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang terpisah tanpa
rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu.
3.
Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman informasi.
4. Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui pengambilan
keputusan yang lebih baik
5. Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi tradisional
bukan sebagai pengganti.
E. Tujuan Otomatisasi perkantoran
1.
Penggabungan penerapan tekonologi
2.
Memperbaiki proses pelaksanaan pekerjaan di kantor
3.
Meningkatkan produktifitas dan efektivitas pekerjaan
4. Otomatisasi kantor memberikan kemampuan antar manajer untuk saling
melakukan komunikasi dengan lebih baik dalam memecahkan masalah.
5. Peningkatan komunikasi dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dan
lebih cepat.
Untuk tujuan
yang lebih rinci untuk masa kini adalah sebagai berikut :
1.
Pendapatan yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih murah.
2.
Komputer menunda penambahan tenaga pegawai akibat beban pekerjaan yang
meningkat karena kemampuan komputer yang fleksibel.
3.
Pemecahan masalah kolompok atau tim.
4. Cara otomatisasi kantor berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer
membuatnya sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah.
5. Dapat digunakan sebagai pelengkap bukan pengganti semua komunikasi
interpersonal tradisional.
6. Sebagai suatu cara komunikasi
bisnis.
F. Manfaat Otomatisasi Perkantoran
1. Menyelesaikan pekerjaan kantor
dengan lebih cepat.
2. Mengurangi kebutuhan akan staf
dalam jumlah besar.
3. Memerlukan sedikit tempat
menyimpan data.
4. Beberapa orang dapat memperbarui
data secara bersamaan dalam hal perubahan jadwal.
G. Dampak Otomatisasi Perkantoran
1.
Dampak terhadap Pekerja dan
Pekerjaan
a. Angkatan kerja wanita serta pekerja profesional dan
teknis semakin dibutuhkan perusahaan karena kemampuan khusus mereka dapat
digunakan dan dianggap dapat bersaing dengan pekerja lelaki.
b. Manajer dan Administrator. Manajer terlatih semakin
dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan pegawai sehingga memaksimalkan
pendapatan perusahaan.
c. Pegawai Administrasi. Perubahan kantor dari manual menuju
otomatisasi mengakibatkan pegawai administrasi harus menguasai berbagai
Aplikasi komputer yang berhubungan dengan komputerisasi di perkantoran.
2.
Dampak terhadap Pendidikan dan
Pelatihan Pegawai
Perubahan
terhadap struktur pekerjaan menyebabkan permintaan terhadap pegawai yang terampil
terus meningkat sehingga dibutuhkan pelatihan di berbagai tingkat pendidikan
formal maupun informal bagi pegawai.
3.
Dampak Terhadap Manajemen
Menengah
Dengan adanya
otomatisasi perkantoran semua pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dan
hasilnya lebih maksimal. Selain itu manajer menengah akan menelaah penggunaan
peralatan yang benar-benar dibutuhkan.
4.
Dampak Terhadap Operasi
Perusahaan
Adanya
otomatisasi perkantoran membuat banyak perusahaan mulai memusatkan operasional
mereka menggunakan sistem informasi komputer di seluruh pusat untuk
mengumpulkan, mengolah dan mengirim data ke seluruh dunia.
H. Personal Computer (PC)
Personal Computer adalah seperangkat komputer
yang digunakan oleh satu orang saja / pribadi. Biasanya komputer ini adanya dilingkungan rumah, kantor, toko, dan dimana
saja karena harga PC sudah
relatif terjangkau dan banyak macamnya. PC pertama kali dikenal sebagai mikrokomputer
karena PC adalah komputer yang lengkap tapi di bangun pada skala yang lebih
kecil. Fungsi utama dari PC adalah untuk mengolah data input
dan menghasilkan output berupa data/informasi sesuai dengan keinginan user (pengguna).
I. Email & Teleconference
Pengertian e-mail
E-mail
(electronic mail) adalah surat dalam bentuk elektronik. E-mail merupakan salah
satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal
surat-menyurat. Hal ini dikarenakan e-mail merupakan alat komunikasi yang
murah, cepat, dan efisien. Menggunakan e-mail memungkinkan kita untuk
mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat
cepat dan biaya yang murah.
Pengertian Teleconference
Pengertian teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi
langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak
dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.
Jadi teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut
bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video
conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar
apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga
dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai
kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi.
J. Macam-macam Aplikasi Otomatisasi Perkantoran
1.
Word
processing
Word
processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronik yang secara otomatis
melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik atau
cetak. Word
processing digunakan untuk pemecahan masalah
dengan membuat
komunikasi tertulis yang lebih efektif untuk diberikan kepada anggota lain.
2.
Electronic mail.
Electronic
mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan komputer yang
memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan dengan
menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan.
3.
Voice
mail
Voice mail sama dengan e-mail hanya saja pengiriman pesan dilakukan dengan mengucapkan pesan tersebut
melalui telepon dan bukan mengetiknya.
4.
Electronic
calendaring
Electronic
calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan memanggil
acara yang telah ditetapkan oleh manajer.
5.
Audio
conferencing
Audio
conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat
hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk tujuan
melakukan konferensi. Audio
conferencing adalah aplikasi OA
pertama yang tidak memerlukan komputer.
6.
Video
conferencing
Video
conferencing melengkapi signal audio dan signal video. Peralatan televisi
digunakan untuk mengirim dan menerima signal audio dan video.
Orang yang berada dalam suatu lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang berada di lokasi lain selagi konferensi dilakukan.
Orang yang berada dalam suatu lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang berada di lokasi lain selagi konferensi dilakukan.
7.
Computer
conferencing
Computer
conferencing adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga memberi kemampuan
seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama proses terjadinya
konferensi.
8.
Facsimile
transmission
Facsimile
transmission yang biasanya disebut fax, adalah penggunaan peralatan khusus yang
dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel komunikasi dan membuat
salinan atau copy di ujung yang lain.
9.
Videotext
Videotext
adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikan tampilan materi tekstual
pada layar komputer.
Materi tekstual dapat berbentuk naratif atau tabulasi, dan ia disimpan dalam
penyimpanan sekunder pada komputer.
10.
Image
storage and retrieval
Untuk
mengatasi masalah mengenai penyimpanan dan pemanggilan tampilan maka digunakan
microform, yang berupa microfilm dan microfiche. Microform akan mengurangi
kebutuhan ruang yang diperlukan oleh dokumen kertas sampai sekitar 97%. Image
storage and retrieval digunakan dalam pemecahan masalah ketika ia diperlukan
untuk melihat kembali dokumen historis untuk tujuan pemahaman masalah.
11.
Desktop
publishing
Desktop
publishing adalah pembuatan output tercetak yang kualitasnya hampir sama dengan
yang dihasilkan oleh typesetter. Digunakan sebagai alat pemecahan masalah meliputi
aplikasi administrasi dan teknis.
K. Implementasi Otomatisasi Perkantoran
Tentunya penerapan otomatisasi perkantoran dalam
pekerjaan perkantoran dalam suatu perusahaan atau organisasi akan sangat
membantu semua pihak-pihak yang ingin semua pekerjaan mereka dilakukan dengan
lebih cepat dan hasilnya lebih maksimal. Selain itu dapat menghemat tenaga,
ruang, dan waktu. Berikut adalah contoh implementasinya secara nyata :
Penggunaan video conference atau audio conference dimana
teknologi komunikasiini memungkinkan dua orang atau lebih dapat berkomunikasi
secara langsung tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Biasanya dilakukan oleh
para manajer atau pimpinan antar perusahaan dalam sebuah rapat/pertemuan
tertentu untuk bertukar informasi dengan manajer/pimpinan di wilayah lain yang
sudah tersambung dengan sistem ini. Dengan menggunakan sistem ini dapat
menghemat biaya, waktu, dan tenaga yang besar jika dibandingkan dengan harus
bertemu tatap muka di suatu tempat.
Referensi :
Hasibuan, Herizal. 2015. Pengertian Otomatisasi Perkantoran. (https://herizalhasibuan.wordpress.com/2015/01/,
diakses 22 Maret 2015)
Tasha, Diana. 2014. Otomatisasi Perkantoran. (http://tashamanagement.blogspot.com/2014/11/otomatisasi-perkantoran.html,
diakses 22 Maret 2015)
Bhavati, Anugerah. 2014. Pengertian Otomatisasi Perkantoran. (http://anugerahdino.blogspot.com/2014/10/pengertian-otomatisasi-perkantoran.html,
diakses 22 Maret 2015)
Andrian, Fernando. 2012. Pengertian Otomatisasi Kantor (office
Automation).
(http://tugaskuliahsim.blogspot.com/2012/01/pengertian-otomatisasi-kantor-office.html,
diakses 23 Maret 2015)
Han_doank3130._____.
Manfaat Teleconference Dalam Pengambilan
Keputusan. (https://id.scribd.com/doc/97764810/Manfaat-Teleconference-Dalam-Pengambilan-Keputusan,
diakses 24 Maret 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar